Pengertian

Pengertian Biografi, Jenis-Jenis Biografi dan Struktur Biografi

Memahami Pengertian Biografi Secara Lengkap

Pengertian Biografi

Apakah yang dimaksud dengan biografi? Pemahaman Biografi ialah satu tulisan yang menerangkan mengenai cerita serta info tentang kehidupan satu orang atau cerita kisah hidup satu orang. Dengan etimologis, kata “Biografi” datang dari bahasa Yunani, yakni “Bios” yang berarti hidup serta “Graphien” yang berarti tulisan. Hingga dengan singkat pemahaman biografi ialah tulisan yang mengulas tentang kehidupan satu orang.

Pengertian Biografi

Biasanya pengerjaan biografi cuma untuk beberapa tokoh yang dipandang penting serta mempunyai dampak buat kehidupan banyak orang. Biografi dapat berupa tulisan singkat pada sebuah artikel pendek, tetapi juga bisa berbentuk buku atau lebih dari satu buku. Biografi satu orang berbentuk artikel singkat umumnya menerangkan mengenai bukti kehidupan satu orang dengan singkat. Sedang biografi berbentuk buku berisi beberapa info serta bukti hidup satu orang yang diceritakan dengan mendalam serta dicatat dengan style bahasa yang menarik.

Pengertian Biografi Menurut KBBI

Pengertian biografi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah kisah hidup (satu orang) yang dicatat oleh orang lain.

Pengertian Biografi Dengan Etimologis

Kata biografi datang dari bahasa Yunani, yakni ‘Bios’ yang berarti hidup serta ‘Graphien’ yang berarti tulisan. Hingga dengan singkat pemahaman biografi dengan etimologis ialah tulisan yang mengulas tentang kehidupan satu orang.

Pengertian Biografi Secara Umum

Pemahaman biografi pada umumnya ialah cerita atau info mengenai kehidupan satu orang yang kompleks, bukan sekedar menceritakan mengenai tanggal lahir atau pekerjaan satu orang saja, dan juga mengenai perasaan yang terjebak dalam alami kejadian-kejadian itu.

Dalam biografi, diterangkan dengan komplet kehidupan seseorang tokoh semenjak kecil sampai tua, serta sampai wafat. Teks biografi diatur oleh orang lain, bukan oleh diri kita. Bila dicatat oleh subyek tersebut, karena itu terhitung autobiografi atau otobiografi.

Baca Juga: Pengertian Biografi

Ciri-ciri Biografi

Pada umumnya, biografi mempunyai beberapa ciri seperti berikut :

  1. Mempunyai skema maupun susunan baku yang terbagi dalam : tujuan, momen, serta reorientasi;
  2. Berisi bukti yang diberikan dengan memakai cerita / narasi;
  3. Bukti diambil dari momen hidup orang yang dinarasikan;
  4. Cuma dibikin untuk orang – orang maupun tokoh yang dipandang penting maupun punya pengaruh pada
  5. kehidupan beberapa orang.

Struktur Biografi

Ada banyak susunan teks biografi yang tentu ada pada setiap tulisan biografi. Tersebut adalah 3 susunan biografi serta pengertiannya.

  1. Tujuan, yaitu sisi yang berisi mengenai pengenalan tokoh atau deskripsi awal tentang tokoh yang sedang dikisahkan.
  2. Momen/Permasalahan, yaitu sisi yang berisi tentang momen yang pernah dirasakan oleh tokoh, terhitung permasalahan yang ditemui dalam sampai arah, dan pengalaman yang memberikan inspirasi yang dirasakan oleh tokoh.
  3. Reorientasi, yaitu sisi penutup yang berisi mengenai pandangan penulis pada tokoh yang dikisahkan itu.
    Nah itu rujukan pemahaman biografi menurut KBBI, pada umumnya, serta dengan etimologis sedetailnya. Diluar itu diterangkan tentang beberapa ciri biograf serta susunan teks biogradi dan penuturannya.
Pengertian Biografi, Jenis-Jenis Biografi dan Struktur Biografi
Sending
User Rating 5 (1 vote)
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close