Biografi Tokoh

Biografi Ustad Abdul Somad, Profil, Pendidikan serta Karir

Profil Ustad Abdul Somad

Biografi Ustad Abdul Somad – Ustad Abdul Somad Lc., M.A atau yang biasa dikenal dengan sebutan UAS merupakan sosok ulama yang sangat digemari oleh masyarakat ini belakangan ini. UAS lahir pada tanggal 18 Mei 1977 di kampung yang bernama Silo Lama, Silau Laut, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Profil Ustad Abdul Somad

Ustad Abdul Somad menikah pada usia 31 tahun pada tahun 2008. Ustad Abdul Somad memiliki seorang anak yang bernama Mesian Haziq Abdillah. Nama ustad Abdul Somad mulai banyak dikenal ketika ia aktif memberikan ceramah agama melalui youtube. Kini ustad Abdul Somad terkenal sebagai salah satu penceramah kondang yang kerap mengisi ceramah agama ke berbagai daerah di indonesia.

Masa kecil Ustad Abdul Somad

Sejak kecil, orangtua ustad Abdul Somad sudah memasukkan anaknya disekolah yang berkultur agama islam. Masa kecil ustad Abdul Somad dilalui dengan menuntut ilmu agama. Ustad Abdul Somad memulai sekolahnya di SD Al-Washliyah Medan dan tamat disana pada tahun 1990. Kemudian orangtuanya memasukkannya ke sekolah pesantren Darularafah di wilayah Deliserdang, Sumatera Utara. Disana beliau  mengenyam pendidikan selama satu tahun sebelum pindah ke Riau pada tahun 1944.

Pendidikan Ustad Abdul Somad

Ustad Abdul Somad melanjutkan sekolah di Madrasah Aliyah Nurul Falah di wilayah Indragiri Hulu dan tamat pada tahun 1996. Setelah tamat, ustad Abdul Somad melanjutkan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi. Ustad Abdul Somad kuliah di UIN SISKA Riau selama dua tahun saja hingga 1998, kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir setelah mendapatkan beasiswa dari pemerintah mesir. Beliau terpilih menjadi salah satu dari 100 penerima beasiswa dengan mengalahkan 900 pelamar lainnya. Di universitas tersebut, ustad Abdul Somad menyelesaikan kuliahnya dalam kurun waktu 3 tahun 10 bulan dan berhasil mendapatkan gelar Lc (License) yang merupakan gelar bagi lulusan pendidikan di kawasan timur tengah termasuk Mesir.

Tak putus sampai disitu, ustad Abdul Somad masih melanjutkan pendidikan s2 nya pada tahun 2004 di Maroko tepatnya di Institut Dar Al-Hadis Al-Hassania melalui beasiswa kerajaan Maroko. Beliau menyelesaikan pendidikan masternya dalam jangka waktu 1 tahun 11 bulan dan meraih gelar D.E.S.A (Diplome d`Etudes Superieurs Approfondies).

Baca Juga:

Karir Ustad Abdul Somad

Ketika ustad Abdul Somad sudah menyelesaikan pendidikannya, beliau melamar ke sejumlah tempat kemudia beliau diterima menjadi dosen di sebuah universitas swasta. Tak berhenti sampai disitu, beliau mengikuti tes untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil dan mendapat kabar bahwa beliau diterima sebagai dosen kontrak di universitas yang ada di Brunei Darussalam. Tetapi takdir berkata lain, ibunda beliau tidak mengizinkan. Kata emak saya tak usahlah kau pergi lagi karena sudah terlalu lama jauh, anak tak banyak saya anak pertama dan adik saya anak kedua. Kau disini sajalah walaupun hujan batu di sini hidup juga kau nanti. Itu skenario Allah SWT”, Ucap UAS.

Karir Ustad Abdul Somad

Ternyata benar kata orangtua dahulu “dengarlah nasihat orangtua, maka kamu tidak akan mengalami kerugian”. Kini beliau menjadi dosen bahasa arab di pusat bahasa universitas islam negeri sultan syarif kasim riau, dosen tafsir dan hadis di kelas internasional fakultas ushuluddin UIN suska riau, dosen agama islam di sekolah tinggi agama islam al-azhar yayasan masmur pekanbaru, anggota MUI provinsi riau komisi pengkajian dan keorganisasian, anggota bdan amil zakat provinsi riau komisi pengembangan, dan menjadi sekretaris lembaga bahtsul masa`il nahdlatul ulama provinsi riau.

Selain itu, Ustad Abdul Somad aktif melakukan kegiatan dakwah agama islam dan menjadi salah satu penceramah dan pemuka agama. Ustad Abdul Somad tak hanya melakukan dakwah pada beberapa tempat seperti Masjid maupun hall room universitas. Beliau juga kerap melakukan dakwah melalui media youtube. Kecanggihan teknologi membuat penyampaian dakwah islam semakin masif. Sehingga muslim dari berbagai daerah dapat dengan mudah mengakses dakwah yang diberikan ustad Abdul Somad. Beliau yang cerdas ini juga kerap melakukan live streaming pada saat tabligh akbar dan beberapa acara offline lainnya sehingga para umat muslim dapat melihat dan mempelajarinya.

Di tengah kesibukannya berkarir, beliau juga menulis dan telah berhasil merilis buku best seller di kalangan muslim. Beberapa buku tersebut antara lain 47 masalah populer, 99 pertanyaan seputar sholat, dan 33 tanya jawab seputar qurban. Keahliannya dalam bahasa arab membuat ustadz ini juga menjadi penerjemah Arab-Indonesia. Adapun beberapa buku yang telah berhasil diterjemahkan yaitu:

  • Perbuatan maksiat penyebab kerusakan rumah tangga dengan judul asli Al-Ma`ashi Tu`addi ila Al-Faqri wa Kharab Al-Buyut diterbitkan pada tahun 2008 oleh Pustaka Al Kautsar.
  • 101 Kisah Orang-orang yang Dikabulkan Doanya dengan judul asli 101 Qishash wa Qishah li Alladzina Istajaba Allah Lahum Ad-Du`a, Majdi Fathi As-Sayyid, diterbitkan pada tahun 2004 oleh penerbit Pustaka Azzam.
  • 55 Nasihat Perkawinan untuk Perempuan dengan judul asli 55 Nashihat li al-banat qabla az-zawaj.
  • Indahnya Seks Setelah Menikah dengan judul asli Syahr al-`asal bi la khajal.
  • Beberapa Kekeliruan Memahami Pernikahan dengan judul asli Akhta` fi mafhum az—zawaj, Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd, yang diterbitkan pada tahun 2004.
Biografi Ustad Abdul Somad, Profil, Pendidikan serta Karir
Sending
User Rating 5 (1 vote)
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close