Biografi Tokoh

Biografi Susi Pudjiastuti, Profil, dan Karir sampai menjadi Menteri

Profil Susi Pudjiastuti

Biografi Susi Pudjiastuti, Profil, dan Karir sampai menjadi Menteri. Susi Pudjiastuti lahir di pangandaran 15 januari 1965 adalah seorang menteri kelautan dan perikanan dari kabinet kerja 2014 sampai 2019 yang  juga merupakan seorang pengusaha presdir PT ASI Pudjiastuti product eksportir hasil-hasil perikanan. PT ASI Pudjiastuti atau penerbangan Susi air dari jawa barat. Pada tahun 2012, Susi air mengoperasikan 50 pesawat dengan berbagai tipe yang mempekerjakan 185 pilot dimana 175 diantaranya merupakan pilot asing. Pada tahun 2012 ini Susi Air memperoleh pendapatan RP.300 milyar dan melayani 200 penerbangan perintis. Saat menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan ia dikenal akan kebijakannya yang tegas terhadap penangkapan ikan ilegal bahkan namanya dikaitkan dengan kata “tenggelam” yang mengacu pada hukuman penenggelaman kapal-kapal asing ilegal diperairan indonesia.

Biografi Susi Pudjiastuti

Masa Kecil dan Pendidikan Susi Pudjiastuti

Ia yang lahir dari keluarga yang ayahnya bernama H.Ahmad Karlen dan ibunya Hj.Suwuh Lasminah, keduanya berasal dari jawa tengah. Keluarganya memiliki usaha ternak yang diperjualbelikan ada ratusan ternak dari jawa tengah dan diperdagangkan di jawa barat. Keluarganya merupakan keluarga berada, kakek buyutnya adalah H.Ireng yang dikenal sebagai tuan tanah didaerahnya. Setelah mengenyam pendidikan hingga tingkat SMP, ia melanjutkan pendidikan tingkat SMA di SMA Negeri 1 Yogyakarta namun pada akhirnya berhenti di kelas 2 karena dikeluarkan dari sekolah akibat keaktifanya digolongan golput hingga pada akhirnya saat menjadi menteri ia pun mendaftar untuk mengikuti paket C di PKBM kabupaten ciamis pada tahun 2015. Setelah melewatkan ujian pada tahun 2017 ia lulus ujian susulan pada bulan mei 2018.

Karir Susi Pudjiastuti

Walaupun pernah putus sekolah ia yang saat itu ingin membuka usaha pengumpul ikan di pangandaran rela menjual perhiasannya untuk menjadi modal. Tak sia-sia bisnis pun berkembang hingga tahun 1996. Bisnis pengolahan ikan berkembang sampai ke pasar asia dan amerika, karena hal inilah ia memerlukan transportasi udara yang dengan cepat mengangkut produk hasil lautnya dalam keadaan masih segar.

Karir Susi Pudjiastuti

Pada tahun 2014 saat ia ditunjuk sebagai menteri kelautan dan perikanan, ia melepas semua posisinya di perusahaan penerbangan Susi air dan beberapa posisi lainnya. Alasan ia melepas jabatannya adalah agar dapat bekerja maksimal dalam menjalankan pemerintahan. Selama menjabat ia dikenal sangat giat dalam memberantas ilegal fishing di laut indonesia, ia tak segan menenggelamkan kapal terutama milik asing yang terbukti mencuri ikan di perairan indonesia. Tak sedikit kapal yang tenggelam dalam rentan waktu dari november 2014 hingga agustus 2018 tercatat 488 kapal pencuri ikan ditenggelamkan.

Penghargaan Susi Pudjiastuti

Adapun penghargaan yang diperoleh Susi Pudjiastuti diantaranya adalah:

  • Purwa Citra Periangan award untuk peningkatan kehidupan nelayan dari pikiran rakyat tahun 2004.
  • Pelopor wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004.
  • Pelopor ekspor ikan laut dari gubernur jawa barat tahun 2005.
  • Young entrepeneur of the Years dari Ernst and Young indonesia tahun 2005.
  • Metro TV award for economic tahun 2006.
  • Inspiring women tahun 2005 dan eagle award tahun 2006 dari Metro TV indonesia.
  • Ganesha Widya Jasa Aditama award dari ITB tahun 2011.
  • People of the year 2013 dari koran SINDO, tahun 2014.

Dengan banyaknya penghargaan yang diperoleh Pudjiastuti dapat menjadi contoh bagi seluruh masyarakat dalam mengembangkan indonesia menjadi lebih maju.

Biografi Susi Pudjiastuti, Profil, dan Karir sampai menjadi Menteri
Sending
User Rating 5 (1 vote)
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close