Biografi Tokoh

Biografi Sandiaga Uno: Politikus & Pengusaha Kaya Raya di Indonesia

Profil Sandiaga Uno

Biografi Sandiaga Uno – Sandiaga Salahuddin Uno atau yang akrab di panggil Sandiaga uno lahir di pekanbaru, riau 28 juni 1969 adalah seorang pengusaha dan politikus Indonesia saat beliau memenangkan pemilihan umum bersama Gubernur DKI Jakarta 2017 bersama dengan anise baswedan, dan memulai masa jabatan nya pada bulan oktober 2017 tetapi pada September 2018 beliau mengundurkan diri dan maju sebagai calon presiden bersama prabowo subianto walaupu gagal dalam hasil hitungan suara pada pemilihan umum 2019.

Profil Sandiaga Uno

Sandiaga Uno yang akrab dengan kaum milenial tersebut memulai usahanya setelah sempat menjadi pengangguran karena perusahaan yang mempekerjakan nya jatuh bangkrut, disini lah beliau mulai banting setir untuk bangkit dari nol mengawali karir nya dalam menjadi seorang pengusaha, tahun 2009 beliau tercatat sebagai orang terkaya urutan ke-29 di Indonesia menurut majalah forbes.

Masa Kecil Sandiaga Uno dan Keluarga

Sama seperti kebanyakan orang pada umumnya Sandiaga uno banyak menghabiskan masa kecilnya di kota kelahirannya pekanbaru,riau. Sandiaga uno merupakan anak bungsu dari dua bersaudara terlahir dari pasangan Razif Halik Uno dan Rachmini Rachman, ayah beliau bekerja di perusahaan Caltex di riau sedangkan sang ibu terkenal sebagai pakar pendidikan kepribadian.

Biografi Sandiaga Uno

Lahir di riau, besar di duri dan dumai tentu membuat Sandiaga uno kecil bergaul dengan anak-anak di komplek Caltex (sekarang Chevron). Setelah sang ayah tidak lagi bekerja di Caltex keluarga Sandiaga uno pindah ke Jakarta pada tahun 1970-an, sejak kecil Sandiaga uno sudah di kenal sebagai sosok yang cerdas.

Pendidikan Sandiaga Uno

Sandiaga uno mengenyam pendidikan di SD, SMP N Jakarta dan SMA katolik setelah itu beliau mengambil sarjana nya ke amerika serikat, tahun 1990 Sandiaga uno lulus dari Wichita state university, mengambil bachelor of business administration, dan melanjutkan master of business administration, the George Washington university, Washington amerika serikat tahun 1992.

Baca Juga:

Perjalanan Karir

Beliau mengawali karirnya sebagai karyawan bank summa pada tahun 1990, disana Sandiaga uno bertemu dann berguru dengan konglomerat William soeryadjaya yaitu pemilik bank tempat beliau bekerja. Setahun kemudia Sandiaga uno mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di universitas George Washington, amaerika serikat dan beliau berhasil lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00.

Perjalanan Karir

Tahun 1993 Sandiaga uno bergabung dengan seapower asia investment limited di singapura sebagai manager investasi. Tak puas hanya sampai disitu kemudian beliau pindah ke NTI Resources Ltd di kanada dan menjabat sebagai Executive vice president NTI resources Ltd, dengan penghasilan 8.000 dollar AS perbulan, namun krisis moneter sejak akhir 1997 menyebabkan perusahaan tersebut bangkrut Sandiaga uno pun tidak dapat melanjutkan pekerjaannya, beliau pulang ke Indonesia dengan predikat sebagai pengangguran tidak butuh waktu lama Sandiaga uno membuka usaha konsultan keuangan, pada tahun 1997 Sandiaga uno mendirikan perusahaan PT Recapital Advisors bersama dengan teman SMA nya bernama Rosan perkasa roeslani. Tahun 2005-2008 Sandiaga uno menjadi ketua umum himpunan pengusaha muda Indonesia beliau juga menjadi ketua komite tetap bidang usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Tahun 2007 menghantar kan beliau menjadi 122 oarang terkaya di Indonesia versi majalah asia globe dengan total aset perusahaan mencapai 80 juta dollar AS. Pada  tahun 2016 nama Sandiaga uno masuk dalam daftar panama papers sebagai direktur dan pemegang saham yang di antaranya Goldwater company limited, Attica Finance Ltd, pinfefields holdings limited, velodrome worldwide.

Penghargaan Sandiaga Uno

Sandiaga uno dalam perjalanan karirnya berhasil mendapatkan penghargaan Indonesia entrepreneur of the year tahun 2008, menjadi orang ke 150 terkaya versi globe asia tahun 2009, dan kembali menjadi orang terkaya ke-63 di Indonesia versi globe asia pada tahun 2011.

Biografi Sandiaga Uno: Politikus & Pengusaha Kaya Raya di Indonesia
Sending
User Rating 4.5 (2 votes)
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close