Pahlawan

Biografi Kapitan Pattimura, Profil, Sejarah dan Perjuangan

Biografi Kapitan Pattimura – Sosok Kapitan Pattimura atau bernama lengkap Thomas matulessy Pattimura lahir pada tanggal 8 juni 1783 , yang terlahir dari keturunan bangsawan yang berasal dari Nusa ina ayahnya yang bernama frans matulesi dan ibunya fransina silahoi, beliau adalah pahlawan yang yang berjuang untuk maluku melawan VOC belanda sebagai panglima perang Kapitan Pattimura mengatur strategi perang bersama prajuritnya beliau berhasil mengoordinir raja-raja dan patih dalam melaksanakan kegiatan pemeritahan, memimpin rakyat, mengatur pendidikan, menyediakan pangan dan membangun benteng-benteng pertahanan. Dalam perjuangan menentang belanda beliau juga menggalang persatuan dengan kerajaan ternate dan tidore, raja-raja yang ada di bali, sulawesi dan jawa.

Biografi Kapitan Pattimura, Profil, Sejarah dan Perjuangan

Perjuangan Kapitan Pattimura

Tahun 1816 pihak inggris menyerahkan kekuasaannya kepada pihak belanda dan kemudia belanda menetapkan kebijakan politik monopoli pajak atas tanah, pemindahan penduduk serta pelayaran Hongi Touchten serta mengabaikan traktat london 1 antara lain dalam pasal 11 ketentuan bahwa presiden inggris di ambon harus berunding dahulu untuk pemindahan koprs ambon dengan gubernur. Pertempuran-pertempuran yang hebat melawan angkatan perang belanda di darat maupun di lautan dikoordinir kapitan Pattimura yang dibantu oleh para panglimanya antara lain melchior kesaulya, anthoni rebook, philip latumahina dan ulupaha. Pertempuran yang menghancurkan pasukan belanda tercatat seperti perebutan benteng belanda duurstede di saparua. Perang patimura hanya dapat dihentikan dengan politik adu domba, tipu muslihat dan bumi hangus oleh belanda.

Tanggal 16 desember 1817 menjadi hari dimana para tokoh pejuang yang ditangkap dan terpaksa mengakhiri pengabdiannya di tiang gantungan di kota ambon. Jasa dan pengorbanannya Kapitan Pattimura dikukuhkan sebagai pahlawan perjuangan kemerdekaan oleh pemerintah republik indonesia.

Sejarah dibalik gambar Pattimura

Pada mulanya Pattimura adalah nama kemudia menjadi gelar, dibawah pimpinan Pattimura umat muslim dan kristiani maluku bersatu melawan belanda. Cerita menarik digambar Pattimura alias thomas matulesy. Gambar Pattimura awalnya berbeda dengan gambar yang berbeda dengan gambar yang ada di uang seribu. Menurut des alwi abu bakar dalam sejarah maluku, ternate, dan ambon. Gambar Pattimura yang pertama kali dilukis oleh ki. M. R.Ferwell adalah  komandan marinir belanda yang menumpas pemberontakan yang dipimpin oleh Pattimura tahun 1817. Ia melukis Pattimura saat membuat berita acara pemeriksaan kemudian karya tersebut tersimpan di museum angkatan laut di prince hendrikade, rotterdam, belanda. Kemudian, lanjut des alwi yang diangkat anak oleh perdana menteri, ia berkata gambar Pattimura yang diketahui secara luas dan tercantum dalam uang kertas seribu adalah karya pelukis kristian latuputti.

Baca Juga: Biografi Bob Sadino, Profil, Karir Pengusaha Sukses Indonesia

Mereka semua sudah meninggal, sementara orang yang beragama islam dan kristen masih sibuk memperdebatkan tentang agama  kapitan Pattimura. Meributkan agama Pattimura adalah tak habisnya, yang pasti saat itu penduduk islam dan kristen bersatu melawan belanda di bawah pimpinan Pattimura.

Penghargaan Pattimura

Pemerintah RI menghargai jasa-jasa dan perjuangan Pattimura. Berdasarkan surat keputusan presiden RI no.087/tk/tahun 1973 tanggal 6 november 1973, Pattimura dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Wafatnya Sang Pejuang Pattimura

Pattimura yang dipersalahkan karena memberontak melawan kekuasaan yang sah ditangkap dan dijatuhi hukuman gantung sampai mati, Pattimura juga dikenakan hukuman tambahan yaitu setelah mati mayatnya ditiang gantungan akan dipertontonkan kepada rakyat. Kejadian tragis ini terjadi pada pagi hari 16  desember 1817. Kapitan Pattimura dengan tenang menaiki tiang gantungan, sesaat sebelum digantung ia sempat memandan di kejauhan disanalah rakyat yang masih terus berjuang merebutkan kemerdekaannya. Perjuangan Pattimura dicatat oleh sejarah dan memperoleh penghargaan tinggi oleh bangsanya.

Biografi Kapitan Pattimura, Profil, Sejarah dan Perjuangan
Sending
User Rating 5 (1 vote)
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close