Biografi Presiden

Biografi Jokowi: Presiden ke-7 Indonesia dengan Kesederhanaannya

Profil

Biografi Jokowi – Ir. H. Joko Widodo atau lebih akrab di panggil dengan Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 21 Juni 1961, Jokowi adalah Presiden ke-7 Indonesia yang mulai memegang semenjak 20 Oktober 2014. Dia dipilih bersama dengan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dalam Pemilu Presiden 2014. Jokowi pernah memegang Gubernur DKI Jakarta semenjak 15 Oktober 2012 sampai 16 Oktober 2014 dibarengi Basuki Tjahaja Purnama jadi wagub. Awalnya, Dia adalah Wali Kota Surakarta (Solo), semenjak 28 Juli 2005 sampai 1 Oktober 2012 dibarengi F.X. Hadi Rudyatmo jadi wakil wali kota. Dua tahun jalani periode kedua-duanya jadi Wali Kota Solo, Jokowi dipilih oleh partainya yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), untuk maju dalam penentuan Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Biografi Jokowi

Nama Lengkap: Ir. H. Joko Widodo
Nama panggilan: Jokowi
Agama: Islam
Tempat lahir: Surakarta, Jawa Tengah
Tanggal lahir: Rabu, 21 Juni 1961
Zodiak: Gemini
Hobi: Membaca, traveling
Berkebangsaan: Indonesia
Partai Politik: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
Istri: Nyonya Hj. Iriana Joko Widodo
Anak: Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep
Almamater: Kampus Gajah Mada
Pekerjaan: Entrepreneur

Biografi Jokowi: Masa-Masa Kecil

Datang dari keluarga yang benar-benar simpel membuat Jokowi rasakan hidup yang susah serta keras pada saat kecilnya. Saat dia duduk di Sekolah Basic Negeri 111 Tirtoyoso, Surakarta, Jokowi sudah jadi seseorang kuli panggul, ojek payung serta pedagang. Hal itu dia kerjakan cuma untuk mengongkosi keperluan sekolahnya sampai makan seharian.

Biografi Jokowi Masa-Masa Kecil

Pada umur 12 tahun, Jokowi putuskan untuk kerja di perusahaan kayu jadi tukang gergaji. Ketrampilan itu didapatnya dari ayahnya yakni Noto Mihardjo yang profesinya jadi tukang kayu.

Di waktu kecilnya Jokowi sudah rasakan pahitnya penggusuran, saat tempat tinggalnya 3x terserang penggusuran. Sesudah lulus Sekolah Basic, dia masuk di SMP Negeri 1 Surakarta selanjutnya meneruskan sekolahnya di SMA Negeri 6 Surakarta. Pada saat kuliah, Jokowi pada akhirnya diterima di jurusan Kehutanan Kampus Gajah Mada, Yogyakarta. Dari sana dia belajar benar-benar giat tentang kayu, tehnologi pengolahannya dan pemanfaatnnya.

Baca Juga: Biografi BJ Habibie (Almarhum) Bapak Teknologi Indonesia

Biografi Joko Widodo: Awal mula panggilan Jokowi

“Jokowi itu pemberian nama dari buyer saya dari Prancis,” demikian kata Wali Kota Solo, Joko Widodo, waktu diberi pertanyaan darimanakah ada nama Jokowi. Katanya, sangat banyak nama dengan nama depan Joko yang menjadi exportir furniture kayu. Konsumen di luar bingung untuk memperbedakan, Joko yang ini apa Joko yang itu. Karena itu, ia terus dinamakan spesial, ‘Jokowi’. Panggilan itu selanjutnya menempel sampai saat ini. Di kartu nama yang ia beri tercatat, Jokowi, Wali Kota Solo. Terakhir ia memeriksa, di Solo yang namanya persis Joko Widodo ada 16 orang.

Sekarang, Jokowi memegang untuk periode ke-2. Kemenangan mutlak didapat waktu penentuan wali kota tahun kemarin. Nama Jokowi sekarang bukan sekedar terkenal, tetapi pribadinya disenangi warga. Paling tidak, saat pergi ke beberapa pasar, beberapa pedagang ramai-ramai memanggilnya, atau sekurang-kurangnya berbisik pada seorang sampingnya, “Eh..itu Pak Joko.”

Bagaimana ceritanya hingga ia dapat di cintai warga Solo? Kebijaksanaan apa yang sudah membuat rakyatnya suka? Kenapa juga ia harus mencapai pegawainya? Tersebut interviu wartawan Republika, Ditto Pappilanda, dengan Jokowi dalam kebersamaannya selama 1/2 hari di seputaran Solo.

Biografi Jokowi: Sebagai Walikota Solo

Di tahun 2005 Jokowi dipilih jadi walikota Solo. Ada banyak prestasi yang telah dikerjakan oleh pria ini di kota Solo. Sebab lihat prestasi Jokowi yang bagus di kota Solo selanjutnya pada tahun 2012 ia dicalonkan jadi gubernur Jakarta. Sesudah jabatannya jadi gubernur Jakarta, pasti ini membuat pria yang satu ini makin repot. Banyak kegiatan yang ia kerjakan. Tidak dikit media yang membuat berita spesial akan Jokowi serta darisana popularitasnya bertambah serta membuat beberapa orang inginkan Jokowi jadi seseorang presiden. Sesudah lewat serangkaian pemilu yang panjang, selanjutnya Jokowi dipilih jadi seseorang presiden Indonesia ke 7 pada periode 2014 – 2019.

Biografi Jokowi: Gubernur DKI Jakarta

Keberhasilannya pimpin Kota Solo selanjutnya membuat bekas Wakil Presiden Jusuf Kalla minta Jokowi untuk maju ke Bangku Gubernur. Sempat menampik, Jokowi selanjutnya pada akhirnya terima serta masuk dengan Partai PDI Perjuangan pimpinan Megawati Soekarno Putri bersama dengan Partai Gerindra pimpinan Prabowo Subianto.

Jokowi pada akhirnya sah mencalonkan diri jadi Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih diketahui jadi Ahok. Pada akhirnya pemilihan kepala daerah putaran ke-2 sukses membuat Jokowi-Ahok memenangi bangku Gubernur DKI Jakarta 2012.

Baca Juga: Biografi Ki Hajar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia & Pahlawan

Biografi Jokowi: Presiden ke-7 Republik Indonesia

Ditengah-tengah waktu pemerintahannya jadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi kembali membulatkan tekad maju jadi Calon Presiden bersama dengan Jusuf Kalla jadi Wakil Presiden pada tahun 2014. Yang pada akhirnya pada bulan juli 2014, hasil penghitungan suara oleh KPU Indonesia mengatakan Jokowi-Jusuf Kalla jadi juara pada Penentuan Presiden tahun 2014 dengan pencapaian suara sebesar 53,15% atau 70.997.833.

Presiden ke-7 Republik Indonesia

Sesudah keluarkan banyak kebijaksanaan baru saat mejadi Presiden RI, banyak munculnya pro serta kontra dari warga. Tetapi lepas dari jumlahnya pro-kontra tentang kebijaksanaan Presiden Joko Widodo, Jokowi adalah figur yang pantas jadi perhatian, bagaimana bukan sekedar dalam tempo kurang dari sepuluh tahun saja dia sukses sampai pucuk jadi orang nomer satu di Indonesia.

Biografi Jokowi: Presiden ke-7 Indonesia dengan Kesederhanaannya
Sending
User Rating 5 (1 vote)
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close