Biografi TokohPengusaha

Biografi Jack Ma, Profil, dan Karir Hingga Mendirikan Alibaba Group

Profil Jack Ma

Biografi Jack Ma. Seorang Jack Ma adalah orang terkaya di china, Jack Ma atau Mayun lahir di hangzhou, provinsi zhejiang, china. Pada tanggal 15 oktober 1964 Jack Ma tumbuh di lingkungan penduduk yang sederhana, saat itu china baru membuka diri terhadap bangsa barat. Saat Jack Ma sering kali ditolak di setiap sekolah di tempat ia ingin belajar bahkan sejak sekolah dasar, ia sering di tolak karena ujian MateMatikanya yang tidak begitu baik tetapi Jack Ma tetap bertahan.

Biografi Jack Ma

Sejak usia 12 hingga 20 tahun dia mengendarai sepedanya selaMa 40 menit ke hotel diMana dia dapat belajar bahasa inggris. Saat beberapa tahun ia bergaul dengan turis asing membuat pandangan Jack Ma merubah pandangannya mengenai pandangan hidup, ia merasa dirinya lebih berfikir global dibandingkan kebanyakan penduduk china lain. Jack Ma menggunakan internet pertaMa kalinya pada tahun 1995 saat ia mencari kata beer dan china, tetapi saat itu ia tidak menemukan hasil yang diharapkan melalui internet. Berkat rasa penasarannya dia lantas menciptakan laMan website untuk jasa terjeMahan bahasa cina dengan seorang teMan, tak butuh waktu laMa ia langsung meneriMa banyak surat elektronik atau e-Mail yang membantunya untuk membangun situs tersebut. Kemudian hadirlah Alibaba.com yang didirikan oleh Jack Ma, ia mendirikan alibaba grup 4 tahun kemudian. Kini alibaba merupaka retailer online terbesar dichina dan berada diposisi kedua dunia setelah wall-Mart.

Masa Kecil Jack Ma

Dilahirkan dari keluarga miskin di china timur, Jack Ma yang sering ditolak saat bersekolah dasar membulatkan tekad untuk berhasil dan memulai karirnya sebagai guru bahasa inggris sebelum menjadi milyader internet. Sejak usia 12 hingga 20 tahun dia mengendarai sepedanya selaMa 40 menit ke hotel diMana dia dapat belajar bahasa inggris. Saat beberapa tahun ia bergaul dengan turis asing membuat pandangan Jack Ma merubah pandangannya mengenai pandangan hidup, ia merasa dirinya lebih berfikir global dibandingkan kebanyakan penduduk china lain.

Baca Juga: Biografi Pangeran Antasari, Profil, Perjuangan sang Pahlawan Banjar

Karir Jack Ma

Jack Ma yang mendaftar dibeberapa universitas sayangnya tidak lolos, kemudian diteriMa di universitas hangzhou teacher institute jurusan bahasa inggris dan lulus pada tahun 1988. Kemudian Jack melanjutkan Master di ceungkong graduate of business di beijing, ia berhasil lulus pada tahun 2006. Dalam karir Jack Ma juga pernah mendaftar lebih dari 30 pekerjaan dan ditolak di 30 perusahaan, hingga ia pernah mendaftar di KFC dari 25 orang yang mendaftar hanya 24 orang yang diteriMa, hanya Jack Ma yang ditolak.

Jack Ma

Tahun 1994, Jack mendengar istilah mengenai internet hingga awal tahun 1995 ia pergi ke amerika. Ternyata langkah kecil tersebut mendapatkan respon positif dari orang cina hingga pada titik ini Jack Ma dan istrinya menyadari bahwa internet adalah suatu penawaran yang menarik bermodal uang US$20 ribu Jack Ma dan istri menjalankan perusahaan dibidang internet. Jack Ma menaMakan bisnisnya china yellow pages, dengan meraut keuntungan dalam waktu 3 tahun 5 juta yuwan china setara dengan US$800 ribu. Hingga pada tahun 1999 Jack mendirikan alibaba bersaMa dengan temannya sampai dengan januari tahun 2000 alibaba berhasil mendapatkan 2 kali pendanaan dari luar negeri sebesar US$25 juta. Jack Ma terus mengembangkan alibaba dengan mendirikan taobao Market place, alipai, ali MaMa lynx. Keberhasilan Jack Ma tidak lepas dari pendiri yahoo bernaMa jeriang yang menginvestasikan dana sebesar US$1 Milyar ke alibaba.

Pada november 2012 volume transaksi mencapai 1 triliun yuwan china, pada september 2014 alibaba dikabarkan berhasil mendapatkan pendanaan sebesar US$25 Milyar pada hajatan penawaran saham perdana di new york stock exchange.

Biografi Jack Ma, Profil, dan Karir Hingga Mendirikan Alibaba Group
Sending
User Rating 5 (1 vote)
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close