Biografi Tokoh

Biografi Ir Soekarno Lengkap: Sang Proklamator Indonesia

Profil

Biografi Ir Soekarno Lengkap. Siapa yang  tidak kenal dengan Ir. Soekarno atau yang biasa disebut Bung Karno yang lahir disurabaya pada tanggal 06 Juni 1901 dari pasangan Soekemi Sosrodihardjo dengan Ida Ayu Nyoman rai. Ayahanda dari soekarno adalah seorang guru. Soekarno yang hanya menghabiskan waktu kecil dengan orangtuanya sampai akhirnya beliau tinggal bersama kakeknya Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur. Ir Soekarno pertama kali bersekolah di Tulung Agung sebelum akhirnya ikut orangtuanya kembali pindah kembali ke Mojokerto.

Profil Ir Soekarno

Nama Lengkap Soekarno
Sapaan Akrab Bung Karno atau Pak Karno
Agama Islam
Gelar Pahlawan Nasional
Tempat Lahir Surabaya
Tanggal Lahir 6 Juni 1901
Warga Negara Indonesia
Ayah Raden Soekemi Sosrodiharjo
Ibu Ida Ayu Nyoman Rai
Istri Fatmawati, Hartini, Haryati Heldy Djafar, Inggit Garnasih, Kartini manoppo, Oetari, Ratna Sari Dewi, Yurike Sanger
Anak Megawati Soekarno Putri, Mohammad Guruh Irianto Soekarno Putra, Rachmawati Soekarno Putri, Sukmawati Soekarnoputri, Taufan Soekarnoputra, Bayu Soekarnoputra, Totok Suryawan, Kartika Sari Dewi Soekarno, Ayu Gembirowati, Rukmini Soekarno, Guntur Soekarnoputra

Disana beliau dimasukkan oleh ayahnya ke Eerste inlandse School. Di tahun 1911 beliau dipindahkan ke Els untuk memudahkan di terima di Hoogere Burger School (HBS). Setelah lulus pada tahun 1915 beliau melanjutkan pendidikannya di surabaya disinilah beliau banyak bertemu dengan para tokoh serekat islam, organisasi yang kala itu dipimpin oleh Hos Tejokroyaminoto yang juga memberi tumpangan ketika beliau tinggal di surabaya. Dari sinilah rasa nasionalisme dari Ir. Soekarno dari dalam diri soekarno terus menggelora sampai pada tahun berikutnya soekarno mulai aktif dalam kegiatan organisasi pemuda trikoro Darmo yang dibentuk sebagai organisasi dari budi utomo.

Pada tahun 1926 soekarno mendirikan algemense studie club di bandung yang diinspirasi dari Indonesische studie club. Sampai akhirnya pada bulan desember 1929  soekarno ditangkap oleh belanda dan dipenjara banceuy karena aktivitasnya di PNI. Pada tahun 1930 soekarno dipindahkan ke penjara suka miskin dari sinilah awal soekarno membuat pledoi yang fenomenal indonesia menggugat. Pada akhirnya pada tanggal 31 desember 1931 soekarno dibebaskan. Kemudian soekarno bergabung dengan partai indonesia partai indonesia (partindo) yang merupakan pecahan dari PNI. Di awal kependudukannya jepang tidak terlalu memperhatikan tokoh-tokoh pergerakan indonesia hingga akhir tahun 1943 jepang menyadari betapa pentingnya para tokoh ini. Akhirnya jepang mulai memanfaatkan tokoh pergerakan indonesia dimana salah satunya adalah soekarno untuk menarik perhatian penduduk indonesia terhadap propaganda jepang.

Biografi Ir. Soekarno Masa Kecil

Koesnososrodihardjo begitulah nama pertama yang diberikan oleh orangtuanya, namun karena beliau sering sakit maka ketika berumur 5 tahun namanya di ubah menjadi soekarno oleh ayahnya. Nama tersebut diambil dari kisah panglima perang dalam kisah bharata yudha yaitu karna yang menjadi karno. Ida ayu nyoman rai yang merupakan ibunda dari soekarno adalah keturunan bangsawan dari bali yang beragama hindu, sedangkan raden soekemi ayahanda beragama islam. Mereka telah memiliki seorang putri bernama sukarmini sebelum soekarno lahir. Ketika kecil soekarno tinggal bersama kakeknya di tulung agung jawa timur.

Soekarno Masa Kecil

Soekarno yang dilahirkan dan dibesarkan di tengah kemiskinan, beliau tidak memiliki sepatu barang sepasang pun yang kadang kala mandi juga bukan melalui dari air kran, makan selalu menggunakan tangan sebagai alat bantu yang menghantarkan makanan ke mulut, tak ada yang namanya sendok atau garpu. Gaji ayah beliau yang menjadi seorang guru pada saat itu sebesar f(gulden belanda) 25 sebulan. Gaji tersebut harus dipotong untuk rumah sebesar f 10 yang kemudian sisanya harus menghidupi 4 orang yaitu ayah, ibu, soekarno dan sukarmini kakak beliau yang berbeda 2 tahun. Pada usia 6 tahun keluarga putra sang fajar harus pindah ke mojokerto disana bukan untuk mendapatkan hidup yang lebih baik karena di mojokerto tidak berbeda di surabaya, tetangga- tetangganya pun tidak lebih baik dengan keluarga soekarno.

Saat kanak-kanak soekarno dan teman-temannya tidak memiliki mainan hamparan daun yang gugur dan aliran sungailah yang menceriakan masa kecil soekarno dan teman-teman. Pada saat suasana lebaranlah merupakan suasana yang paling ditunggu oleh semua anak muslim yang ditunggu diindonesia dimana hari itu berbunyi dentuman petasan yang bersahutan yang dimiliki oleh semua anak-anak, iya.. semua anak-anak! Kecuali soekarno. Jangankan untuk membeli seperangkat baju baru seperti yang biasa kita dapatkan menjelang lebaran untuk membeli sebuah petasan saja keluarga soekarno tidak mampu. Suara ledakan petasan masih bisa beliau dengarkan dari tembok kamar yang tipis dan bukan dari beton. Akan tetapi, Tuhan memiliki rencana lain untuk soekarno kecil. Pada malam itu datanglah seorang kolega ayah yang memberikan satu bungkusan kecil yang membuat soekarno kecil sangat bahagia, padahal isinya sekedar petasan bukan istana atau emas. Begitulah kisah soekarno kecil yang hidup dengan kemiskinan.

Biografi Ir. Soekarno Perjuangan

Ir.soekarno adalah presiden pertama republik indonesia serta pahlawan proklamasi. Rasa nasionalisme yang ada dalam diri soekarno yang begitu menggelora beliau salurkan dalam kegiatan organisasi. Di tahun 1920 seusai tamat dari HBS soekarno melanjutkan studinya ke Technisce Hoge School yang sekarang berganti nama menjadi Institut Teknologi Bandung, beliau mengambil jurusan teknik sipil. Soekarno mulai aktif mempersiapkan kemerdekaan indonesia diantaranya adalah merumuskan pancasila, UUD 1945, dan dasar-dasar pemerintahan indonesia termasuk merumuskan proklamasi indonesia.

Soekarno Perjuangan

Pada agustus 1945 soekarno diundang oleh marsekal trauchi pimpinan angkatan darat wilayah asia tenggara. Marsekal trauchi menyatakan bahwa sudah saatnya indonesia merdeka. Para tokoh pemuda dari peta menuntut agar soekarno dan hatta segera memproklamasikan kemerdekaan karena pada saat itu indonesia terjadi kevakuman kekuasaan yang disebabkan jepang menyerah dan pasukan sekutu belum tiba. Namun soekarno dan hatta dan beberapa tokoh lainnya menolak tuntutan ini dengan alasan menunggu alasan mengenai penyerahan jepang. Pada akhirnya soekarno bersama tokoh-tokoh nasional lainnya mulai mempersiapkan diri menjelang proklamasi kemerdekaan republik indonesia berdasarkan sidang yang diadakan oleh BPUPKI.

Pada tanggal 17 agustus 1945 indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dan pada tanggal 18 agustus soekarno dan moh hatta diangkat oleh PPKI menjadi presiden dan wakil presiden republik indonesia. Ir soekarno adalah sosok pahlawan yang sejati, beliau tidak hanya diakui bagi bangsanya sendiri tapi juga memberikan pengabdiannya untuk kedamaian di dunia. Semua sepakat bahwa ir soekarno adalah seorang manusia yang tidak biasa, beliau adalah bapak bangsa yang tidak akan tergantikan.

Biografi Ir Soekarno Penghargaan

Sebagai presiden pertama indonesia yang sangat berjasa akan kemerdekaan indonesia, beliau mendapatkan gelar doctor honoris causa dari 26 universitas di dalam dan di luar negeri dan beliau juga mendapatkan penghargaan bintang kelas satu The Order of the Supreme Companions of OR Tambo yang diberikan dalam bentuk medali, pin, tongkat, dan lencana yang semuanya dilapisi emas dari presiden afrika serikat yaitu thabo embeki. Atas jasa soekarno dalam mengembangkan soladiritas internasional demi melawan penindasan oleh negara maju serta telah menjadi inspirasi bagi rakyat afrika selatan dalam melawan penjajahan dan membebaskan diri dari politik aphartheid penyerahan penghargaan dilaksanakan di kantor kepresidenan Union Buildings dipretoria.

Biografi Ir.Soekarno Ditahan

Desember 1929 yang pada kala itu soekarno yang sangat antusias dalam berorganisasi ditahan oleh belanda dan dipenjara. Lalu pada tanggal 31 desember 1931 soekarno dibebaskan, lalu beliau bergabung dengan partai indonesia. Soekarno kembali ditangkap oleh belanda pada bulan agustus 1933 dan diasingkan ke flores. Karena jauhnya tempat pengasingan soekarno hampir dilupakan oleh tokoh-tokoh nasional lainnya, karena semangat soekarno yang sangat membara seperti tersirat dalam setiap suratnya kepada seorang guru persatuan islam bernama ahmad hasan. Pada tahun 1983 hingga tahun 1942 soekarno diasingkan ke provinsi bengkulu yang kemudian soekarno benar-benar bebas setelah masa penjajahan jepang pada tahun 1942.

Saat di penjara soekarno mengandalkan hidupnya dari sang istri seluruh kebutuhan hidup di pasok oleh inggit yang di bantu oleh kakak kandung soekarno, sukarmini atau yang lebih di kenal sebagai ibu wardoyo, beliau di kategorikan tahanan yang berbahaya bahkan untuk mengisolasi soekarno agar tidak mendapat informasi dari luar tetapi beliau tidak pernah patah semangat untuk terus berjuang hingga beliau benar-benar di bebaskan.

Biografi Ir Soekarno Kisah Hidup

Reklamator kemerdekaan ir soekarno dikenal dengan sosok yang berwibawa dan karismatik, tak heran beliau memiliki 9 orang istri mulai dari fatmawati hingga ratnasari. Kisah cinta beliau memang sangat menarik, tak hanya handal dalam bidang politik soekarno yang lahir 06 juni 1901 juga handal memikat hati wanita, Tak heran jika beliau memiliki lebih dari satu istri.

Soekarno Kisah Hidup

Sejak kecil, ir soekarno sangat menyukai cerita wayang beliau hafal banyak cerita wayang sejak masih bersekolah di surabaya, beliau senang menggambar wayang di batu tulisnya saat di tahan pun kisah-kisah wayang lah yang menjadi penyemangat soekarno, beliau benar-benar sangat menyenangi seni dan budaya sampai istana negara penuh dengan lukisan dan benda-benda seni lainnya.

Biografi Ir Soekarno Wafat

Jakarta, selasa 16 juni 1970 sang putera fajar tinggal menunggu waktu beliau menghembuskan nafas terakhirnya diruangan insentif care RSPAD Gatot subroto, serdadu berseragam dan bersenjata lengkap bersiaga penuh dibeberapa titik strategis rumah sakit tersebut. Sang praklamator  telah tiada, kedua mata sudah tak terbuka. Perasaan istri amat sangat terpukul, tanah air berduka.

“kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi. Jika bantuan itu diembel-embelin dengan syarat ini itu!! Lebih baik makan geplek tetapi merdeka daripada makan besteak tetapi budak (pidato HUT proklamasi, 1963).”

Biografi Ir Soekarno Lengkap: Sang Proklamator Indonesia
Sending
User Rating 3 (2 votes)
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close