Biografi Tokoh

Biografi Ibnu Sina, Profil, Karya Bapak Kedokteran Modern

Biografi Ibnu Sina – Bapak kedokteran modern yang bernama lengkap Abu ali al-Husain Ibnu abdillah ibn Hasan Ibnu ali Sina namun dunia mengenalnya dengan nama Ibnu Sina atau Aviciena, beliau lahir pada tahun 370 hijriah atau 980 M Di sebuah desa bernama khormeinsan dekat bukhara wilayah uzbekistan. Beliau menguasai berbagai ilmu seperti hikmah, mantiq dan matematika, dalam ilmu kedokteran  sebagaimana kitab Al-qanun tulisan Ibnu Sina selama beberapa abad yang lalu kitab ini menjadi rujukan utama dan paling obtentik dalam mengupas kaedah-kaedah umum ilmu kedokteran, obat-obatan dan dan berbagai macam penyakit.

Biografi Ibnu Sina, Profil, Karya Bapak Kedokteran Modern

Ibnu Sina memiliki berbagai peran dalam mengembangkan berbagai bidang keilmuan beliau juga menerjemahkan karya Aqlides dan menjalankan observasi ilmu perbintangan, dalam masalah energi Ibnu Sina juga memberikan hasil peneliiannya tentang masalah ruangan hampa, cahaya dan panas kepada khazanah keilmuan, Ibnu Sina juga memiliki karya tulisnya yang berjudul De conglutineation lagibum yang membahas tentang asal muasal nama gunung-gunung, dengan berbagai ilmu yang dikuasainya tak heran sampai sekarang kitab-kitabnya di jadikan sebagai referensi para sarjana-sarjana kedokteran dari barat.

Masa Kecil Ibnu Sina

Ibnu Sina yang dari kecil tinggal bersama kedua orang tuanya yaitu ayah beliau yang bernama Abdullah dan ibunya bernama Setareh, sejak kanak-kanak Ibnu Sina yang berasal dari keluarga yang bermadzhab ismailiyah sudah akbrab dengan pembahasan ilmiah terutama yang di sampaikan oleh ayahnya tak lepas dari kecerdasan yang sangat tinggi yang beliau miliki membuatnya sangat menonjol sehingga salah seorang guru menasehati agar Ibnu Sina tidak terjun ke dalam pekerjaan apapun kecuali belajar dan menimba ilmu.

Sejak usia muda Ibnu Sina sudah cerdas dengan demikian secara penuh Ibnu Sina memberikan perhatiannya kepada aktivitas keilmuan karena kejeniusan membuat beliau cepat menguasai banyak ilmu meski saat itu masih berusia muda beliau sudah mahir dalam bidang kedokteran.

Baca Juga: Biografi Kapitan Pattimura, Profil, Sejarah dan Perjuangan

Filsafat dan karya Ibnu Sina

Menulis filsafat secara ekstensif pada filsafat awal terutama dalam mata pelajaran logika, etika, dan matematika sebagian dari karya beliau di tulis dalam bahasa arab dan dalam bahasa persia, bukunya yang mendunia tersedia di eropa dan penerjemahan latin persial beberapa tahun setelah komposisi. Metafisik adalah filsafat islam awal yang dijiwai karena dengan teologi slam membedakan lebih jelas dari pada aristotelianisme antara esensi dan eksistensi, Avicenna adalah seorang muslim yang taat dan berusaha untuk mendamaikan filsafat rasional dengan teologi islam dan eksperimen pikiran.

karya yang di tulis Ibnu Sina di perkirakan antara 100 sampai 250 buah judul yang karyanya berkualitas luar biasa, beberapa karyanya yang sangat terkenal adalah:

  • Qanun fi thib (Canon of medicine) aturan pengobatan
  • Asy Syifa (berisikan tentang berbagai macam ilmu pengetahuan
  • An najat
  • Mantiq Al Masyriqin (logika timur)

selain karya filsafat terebut Ibnu Sina meninggalkan sejumlah esai dan syair. Dan beberapa esai yang terkenal adalah

  • Hayy ibn yaqzhan
  • Risalah Ath-thair
  • Risalah fi sirr Al-qadar
  • Risalah fi sirr Al-‘isyq
  • Tahshil As-sa’adah

Dan beberapa puisi terpentingnya adalah

  • Al-urjuzah fi ath-thibb
  • Al-qasidah al-muzdawiyyah
  • Al-qasidah al-‘ainiyyah

Wafat Ibnu Sina

Ibnu Sina seorang ilmuan besar muslim menutup usia pada tanggal 1 ramadhan tahun 428 H Di kota hamedan, iran pada usia 58 tahun. Ibnu Sina yang saat remaja sudah menghafal al-quran dan kemudian mempelajari ilmu teknik dan astronom, karya-karya yang di tulis beliau sedemikian hebatnya sehingga menjadi rujukan para ilmuan di berbagai zaman dan tempat.

Biografi Ibnu Sina, Profil, Karya Bapak Kedokteran Modern
Sending
User Rating 5 (1 vote)
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close