Biografi Tokoh

Biografi Chairul Tanjung, Profil, Pendidikan dan Perjalanan Karir

Biografi Chairul Tanjung – Chairul Tanjung seorang pengusaha sukses di Indonesia merupakan CEO utama di CT Corp nama nya berada di urutan ke-6 orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan senilai USD 4 miliar tahun 2014. Chairul Tanjung lahir di Jakarta pada tanggal 16 juni 1962, ayah beliau bernama abdul ghafar Tanjung yang berasal dari sibolga, sumatera utara merupakan seorang wartawan pada orde lama, ibunya bernama halimah seorang wanita keturunan cibadak, jawa barat.

Biografi Chairul Tanjung, Profil, Pendidikan dan Perjalanan Karir

Chairul Tanjung hidup dalam keluarga yang sederhana ia tinggal bersama dengan enam saudara lainnya. Pada masa orde baru ayahnya di paksa untuk tutup usaha di karenakan bersebrangan secara politik dengan penguasa saat itu, hal ini membuat ia dan keluaganya harus tinggal di kamar losmen yang sempit. Chairul Tanjung yang saat itu baru menyelesai kan sekolah di SMA Negeri 1 jakarta dan melanjutkan ke fakultas kedokteran gigi universitas Indonesia dan berhasil lulus pada tahun 1987, pada saat ini lah ia mulai masuk dunia bisnis, dengan kepiawaian Chairul membangun jaringan sebagai pengusaha membuat bisnisnya semakin berkembang.

Masa Kecil Chairul Tanjung si Anak Singkong

Walaupun terlahir dari keluaga yang pas-pasan Chairul Tanjung berhasil menjadi pengusaha sukses, masa muda Chairul Tanjung tidaklah bergelimangan harta dan terpaksa menjual rumah karena sang ayah tak lagi bekerja, disinilah Chairul Tanjung di sebut sebagai Si anak singkong karena memiliki latar belakang yang biasa-biasa saja.

Dengan keadaan ekonomi yang menghimpit Chairul tetap berusaha menyelesaikan pendidikannya untuk memiliki kehidupan di masa depan yang lebih cerah, usaha dan keteguhan Chairul Tanjung yang membuahkan hasil menghantar kan ia menjadi orng terkaya ke-6 di Indonesia, semua yang di dapat tidak secara instan melain kan dengan kegigihannya yang sedari muda sudah bekerja tanpa mengenal kata berhenti. Anita ratnasari inilah sosok istri dari pengusaha sukses Chairul Tanjung yang juga seorang pengusaha walau kiprahnya tak menonjol seperti sang suami, mereka di karuniakan dua orang anak yaitu putri indahsari dan rahmat dwiputra, Anak sulung yang kini berhasil sukses dalam karir nya mengikuti jejak sang ayah.

Baca Juga: Biografi Dewi Sartika, Profil, Perjuangan Perintis Pendidikan Wanita

Pendidikan Chairul Tanjung

Pendidikan Chairul Tanjung

Chairul Tanjung memulai sekolah dasar nya di SD Van Lith, Jakarta pada tahun 1975,dan juga Bersekolah SMP Van Lith, Jakarta (1978), selanjutnya bersekolah di SMA Negeri 1 boedi oetomo, Jakarta (1981). Walaupun berasal dari keluarga sederhana bukan berarti pendidikannya harus berhenti sampai disitu Chairul Tanjung masuk ke universitas Indonesia di fakultas kedokteran gigi tahun (1987) selanjutnyA Ia masuk Executive IPPM (MBA; 1993).

Perjalanan Karir Chairul Tanjung

Siapa yang tidak mengenal dengan pemilik stasiun televisi yang mungkin menjadi stasiun favoritmu yaitu trans TV dan Trans 7, Tidak lah mudah bagi Chairul Tanjung untuk mendapat kana pa yang dimilikinya saat ini. Sebelumnya ia harus terlebih dahulu merasakan susahnya menjadi tukang foto copy kampus dengan untung yang sangat sedikit, tapi tanpa kenal kata lelah Chairul Tanjung terus bekerja keras.

Perjalanannya menjadi seorang pengusaha sukses tanah air di mulai, tak lepas dari lika-liku pada tahun 1981 Chairul di terima di fakultas ketokteran gigi pada saat itu uang pendaftaran adalah 75rib, karena keadaan ekonomi yang memperihatinkan membuat ia untuk bisa hidup mandiri. Chairul Tanjung pernah beberapa kali mengalami jatuh bangun dalam merintis usaha, saat ia mencoba merintis usaha penjualan alat-alat kedokteran namun Chairul bangrut karena lebih banyak orang datang untuk menongkrong dari pada membeli. Tidak membuanya patah semangat ia pun kembali memulai bisnis kontraktor, hingga saat ini Chairul Tanjung memiliki 3 bisnis inti yaitu jasa keuangan, media (trans TV, Trans 7) dan bisnis perkebunan, “jangan takut gagal, gagal bangkit lagi. Gagal itu bukan dosa sampai kegagalan bosan mendatangi kita”.

Penghargaan Chairul Tanjung

Pada tanggal 18 april 2015, Chairul Tanjung dikukuhkan sebagai guru besar bidang ilmu kewirausahaan universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Chairul Tanjung juga mendapatkan penghargaan dari majelis ulama Indonesia Award 2015.

Biografi Chairul Tanjung, Profil, Pendidikan dan Perjalanan Karir
Sending
User Rating 5 (1 vote)
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close