Biografi TokohPahlawan

Biografi BJ Habibie (Almarhum) Bapak Teknologi Indonesia

Mengenal lebih dekat tentang profil kehidupan BJ Habibie

Profil

Biografi BJ Habibie – Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie atau lebih diketahui dengan BJ Habibie adalah seseorang yang pernah jadi Presiden ke-3 Indonesia sepanjang 1.4 tahun serta 2 bulan jadi Wakil Presiden RI ke-7. Dia lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936.

Tidak hanya cerita cintanya bersama dengan Ibu Ainun yang disebut istri paling di cintai oleh BJ Habibie. BJ Habibie yang disebut presiden ke-3 Republik Indonesia ialah seseorang tokoh yang diketahui sebab kecerdasannya. Beliau pernah studi tehnik penerbangan serta spesialisasi konstruksi pesawat terbang yang sukses membuat pesawat Indonesia pada saat itu. Untuk lebih detilnya baca biografi BJ Habibie di bawah ini.

Biografi BJ Habibie

Nama: Prof. Dr.-Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie
Nama Terkenal: BJ Habibie
Istri: Hasri Ainun Besari
Tempat, Tanggal Lahir: Pare-pare, 25 Juni 1936
Waktu Memegang Presiden: 21 Mei 1998-20 Oktober 1999
Pendidikan: SMAK Dago, Bandung, Institut Tehnologi Bandung (ITB), RWTH Aachen
Anak: Ilham Besar, Thareq Kemal

Biografi BJ Habibie: Masa Kecil & Keluarga

Parepare, 25 Juni 1936 ialah tempat serta tanggal lahir BJ Habibie atau yang memiliki nama komplet Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau adalah anak keempat dari delapan bersaudara, orangtuanya bernama Alwi Abdul Jalil Habibie (Ayah) serta Raden Ajeng Tuti Marini Puspowordjojo (Ibu).

Masa Kecil

Ayah dari BJ Habibie ialah seseorang pakar pertanian yang datang dari etnis Gorontalo berdarah Bugis, serta ibunya beretnis Jawa yang disebut anak dari spesialis mata di Yogya yang bernama Puspowardjojo.

Dari biografi BJ Habibie bisa didapati jika beliau tumbuh dalam keluarga yang religious. Ayahnya, Alwi Abdul Jalil tetap membacakan ayat suci Al-qur’an sehari-harinya. Serta Habibie sendiri menjelaskan jika dia tetap merasakan tenang jika sang ayah membacakan Al-qur’an di hadapannya.

Biografi BJ Habibie sebagai Sang Visioner

Negara Indonesia ialah negara yang kaya. Tidak cuma kaya dari sisi sumber daya, Indonesia juga punyai banyak pemuda yang berprestasi serta pintar dalam semua bagian. Walau demikian, kadang minimnya penghargaan akan beberapa anak bangsa yang pintar ini jadi masalah buat mereka untuk meningkatkan diri hingga pilih meningkatkan diri ke negeri lain. Dari banyaknya anak bangsa berprestasi, tentulah figur BJ Habibie tidak bisa dipisah. Biografi BJ Habibie juga banyak dicari sebab jumlahnya orang yang tertarik akan cerita hidup sang visioner genius ini.

Biografi BJ Habibie sebagai Sang Visioner

BJ Habibie populer sebab kecerdasannya yang sudah diketahui tidak cuma di Indonesia, tetapi di negara lain. Beliau sempat juga memegang bangku Presiden RI yang ke-3. Kecerdasan BJ Habibie ini juga telah dapat dibuktikan adanya satu rumus yang bernama Unsur Habibie dimana rumus ini dipakai untuk mengalkulasi keretakan pesawat dengan ketepatan yang tinggi. BJ Habibie semakin disegani sebab beliau dapat tunjukkan rasa cintanya pada sang istri yang telah tervisualisasi dalam satu film yang bertopik Habibi serta Ainun yang dibikin beberapa waktu yang lalu. Tidak bingung bila sekarang biografi BJ Habibie banyak dicari untuk lebih kenal figur beliau.

Biografi BJ Habibie: Pendidikan

Sebab kegigihannya serta kecerdasannya, sesudah lulus dari SMA pada tahun 1954 BJ Habibie meneruskan pendidikannya di ITB (Institute Tehnologi Bandung). Pada saat itu namanya masih Kampus Indonesia Bandung.

Beliau belajar Tehnik Mesin di fakultas Tehnik dari sana. Tetapi cuma beberapa waktu saja beliau tempuh pendidikan di ITB, sebab saat itu beliau mendappatkan beasiswa dari Menteri Pendidikan serta Kebudayaan untuk meneruskan pendidikannya di Jerman.

Pada tahun 1955 sampai 1965 BJ Habibie tempuh pendidikan di Jerman dengan ambil spesialisasi konstruksi pesawat terbang (Tehnik Penerbangan) di Rhein Westfalen Aachen Technisce Hochschule (RWTH). Beliau memperoleh beasiswa saat itu sebab Pemerintahan Indonesia dibawah Presiden Soekarno sedang jalankan program dengan mengongkosi beberapa ratus siswa pintar Indonesia untuk menimba pengetahuan di luar negeri.

Sewaktu kuliah di Jerman ditempuh oleh Habibie dengan penuh perjuangan, sebab pendidikan dari sana tidak cuma sesaat saja. Baginya musim berlibur bukan untuk liburan, tetapi mengisinya dengan ujian serta cari uang untuk cari buku untuk mendukung materi pendidikannya.

Sesudah saat liburan selesai kegiatannya cuma belajar serta pekerjaan yang lain disampingkan oleh Habibie. Dalam biografi BJ Habibie didapati jika karena kerja kerasnya, beliau memperoleh gelar Ing dari Technische Hochschule Jerman pada tahun 1960. Gelar itu dia temukan dengan predikat Cumlaude (prima) dengan pencapaian nilai rata – rata 9,5. Sesudah memperoleh gelar insinyur beliau kerja di satu industri kereta api Firma Talbot di Jerman.

Waktu kerja di perusahaan itu beliau bisa mengakhiri persoalan perusahaan Firma Talbot yang sedang memerlukan satu wagon untuk mengangkat beberapa barang mudah memiliki volume besar. Habibie pecahkan persoalan itu dengan mengimplementasikan prinsip-prinsip kontruksi sayap pesawat terbang.

Baca Juga: Biografi RA Kartini dan Kisahnya Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia

Biografi BJ Habibie: Profesi Muda

BJ Habibie tidak menyiakan gelar doktornya, dia kerja di Messerschmitt-Bölkow-Blohm atau MBB Hamburg (1965-1969) jadi Kepala Riset serta Peningkatan pada Analisa Struktrur Pesawat Terbang.

Kemudian, pada tahun 1969-1973 dia memegang Kepala Divisi Cara serta Tehnologi pada industri pesawat terbang komersial serta militer di MBB.

Atas kapasitas serta kejeniusannya, 4 tahun selanjutnya, BJ Habibie diakui jadi Vice President sekaligus juga Direktur Tehnologi di MBB periode 1973-1978 dan jadi Penasihat Senior Bagian Tehnologi untuk Dewan Direktur MBB 1978. Dia jadi hanya satu orang Asia yang sukses menempati jabatan nomer dua di perusahaan pesawat terbang Jerman terpenting ini.

Biografi BJ Habibie Profesi Muda

Sebelum masuk umur 40 tahun, karier BJ Habibie sangatlah cemerlang, khususnya dalam design serta konstruksi pesawat terbang. Dia jadi “primadona” di negeri Jerman serta dia juga mendapatkan posisi terhormat, baik dengan materi atau intelektualitas oleh orang Jerman.

Pada tahun 1968, BJ Habibie mengundang beberapa insinyur untuk kerja di industri pesawat terbang Jerman. Ada seputar 40 insinyur Indonesia yang pada akhirnya bisa kerja di MBB atas referensi darinya.

Ini dikerjakan untuk menyiapkan kemampuan serta pengalaman insinyur Indonesia untuk satu waktu bisa kembali pada tanah air serta membuat produk industri dirgantara, maritim serta darat dengan mandiri.

Serta saat saat itu Presiden Soeharto mengutus Ibnu Sutowo ke Jerman untuk menjumpai dan merayu Habibie pulang ke Indonesia, dia langsung bersedia meskipun melepas jabatan serta tempat tingginya di Jerman.

Ini dikerjakan BJ Habibie untuk memberikan sumbangsih pengetahuan serta tehnologi pada bangsa yang benar-benar dia sayangi. Pada tahun 1974 genap di umur 38 tahun, BJ Habibie pulang ke tanah air.

Dia juga diangkat jadi penasihat pemerintah (langsung dibawah Presiden) di bagian tehnologi pesawat terbang serta tehnologi tinggi sampai tahun 1978. Meski begitu dari tahun 1974-1978, BJ Habibie masih seringkali perjalanan ke Jerman karena masih memegang jadi Vice Presiden serta Direktur Tehnologi di MBB.

Biografi BJ Habibie Sebagai Presiden ke-3 Republik Indonesia

Sesudah IPTN ditutup, BJ Habibie saat itu masih jadi Menteri Analisa serta Tehnologi. Beliau selanjutnya diangkat jadi Wakil Presiden di tanggal 14 Maret 1998 untuk mengikuti Presiden Soeharto. Tetapi cuma beberapa waktu sesudah beliau memegang, gejolak politik juga tidak dapat terhindar serta sampai puncaknya. Presiden Soeharto yang telah bertahta di bangku presiden sepanjang beberapa puluh tahun pada akhirnya lengser dengan pengunduran dianya pada 21 Mei 1998.

Biografi BJ Habibie Sebagai Presiden ke-3 Republik Indonesia

Lengsernya Presiden Soeharto juga dengan automatis jadikan BJ Habibie dengan sah menggantikannya tempati bangku nomer satu di Indonesia. Beliau jadi Presiden ke-3 di RI. BJ Habibie cuma memegang seputar setahun saja dimana beliau malah mewarisi keadaan waktu Indonesia sedang dalam waktu gaduh serta banyak daerah yang ingin melepas diri dari Indonesia. Keadaan Indonesia waktu itu benar-benar memprihatinkan.

Walau demikian BJ Habibie masih berupaya untuk membuat kembali Indonesia. Beberapa ketetapan penting yang dikerjakan dengan lahirnya UU mengenai Otonomi Wilayah. Beliau juga dapat melepaskan rakyatnya untuk beraspirasi hingga Indonesia dapat membuat banyak parpol baru yang ada. Mata uang Indonesia di mata asing waktu itu yang sampai 15 ribu rupiah per dolar dapat ditekannya jadi cuma dibawah 10 ribu rupiah saja. Beliau punmampu melikuidasi bank memiliki masalah saat itu.

Sekian biografi lengkap dari Bapak Teknologi Indonesia sekaligus Presiden ke-3 Republik indonesia yang mendunia, semoga Almarhum diterima di sisi Allah yang maha kuasa. Amiin…

Biografi BJ Habibie (Almarhum) Bapak Teknologi Indonesia
Sending
User Rating 5 (1 vote)
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close