Biografi Tokoh

Biografi Bill Gates, Profil Pendiri Microsoft Terkaya di Dunia

Profil Bill Gates

Biografi Bill Gates – William Henry Gates III atau yang lebih dikenal dengan nama Bill Gates dilahirkan pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Dia adalah orang terkaya di dunia. Ia adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ia dilahirkan dari pasangan William Henry Gates dengan Mary Maxwell. Ayahnya seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota sedangkan ibunya seorang pegawai First Interstate Bank, Pasific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way.

Biografi Bill Gates

Bill Gates adalah seorang keturunan bangsa inggris, Jerman, dan Irlandia. Keluarganya tergolong dalam masyarakat menengah atas. Bill Gates memiliki kakak yang bernama Kristi dan adiknya adalah Libby. Bill Gates memiliki seorang istri yang bernama Melinda Gates dan tiga orang anak yang bernama Jennifer Katharine Gates, Rory John Gates, Phoebe Adele Gates.

Masa kecil  Bill Gates

Bill Gates seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika dia berumur sebelas tahun, orangtuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki.

Dalam kehidupan pribadinya, ia menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka mempunyai tiga orang anak. Bill Gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yang merupakan sebuah Yayasan Sosial yang memperhatikan penderita AIDS, beasiswa bagi universitas-universitas dan kepedulian pada dunia ketiga.

Pendidikan Bill Gates

Pada tahun 1968 ia bersekolah di Lakeside School. Di usia 13 tahun ia mulai dikenalkan dengan dunia komputer dan ia sangat cepat sekali menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman komputer.  Ia juga sering kali menghabiskan waktunya dengan komputer selama berjam-jam menuliskan program, main game dan biasa mempelajari banyak hal mengenai komputer. Saat menjadi mahasiswa di Harvard, ia selalu menghabiskan waktunya dengan komputer sekolah.

Baca Juga:

 

Salah seorang guru memberikan julukan untuk Bill Gates “Dia adalah seorang eksentik”. Bill Gates menempuh kuliah di Harvard University di Cambridge mulai tahun 1975. Disana ia bertemu dengan Paul Allen, temannya ketika disekolah. Bersama Paul Allen, Bill Gates terus mengembangkan talentanya di bidang pemograman komputer. Namun, Bill Gates memutuskan keluar untuk menyumbangkan waktunya ke Microsoft.

Karir Bill Gates

Bill Gates melambung menjadi seorang jutawan, melalui usaha kerasnya perusahaan yang ia dirikan yang bernama Microsoft Corporation menjadi sukses. Di tahun 1990 ia sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia. Namun, Bill Gates juga mendapat reputasi yang tidak baik dalam karirnya. Tidak hanya satu kali, bahkan ia melakukan beberapa kali kesalahan dalam bisnis perangkat lunaknya. Pada tahun 2000, Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Pegawai Eksekutif. Bill Gates memilih kembali ke profesi lamanya yang ia cintai yaitu Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaannya sendiri, Microsoft Corp.

Dan pada awal tahun 2008, Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan mengkonsentrasi diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan sosial yang didirikannya.  Dengan perjuangan dan tekad yang keras kini Bill Gates telah menggapai cita-citanya. Untuk mencapai kesuksesan memang diperlukan pengorbanan dan perjuangan yang berat, namun usaha keras dan sikap pantang menyerah Bill Gates telah membuahkan hasil yang dapat ia nikmati saat ini.

Berturut-turut dari tahun ke tahun hingga saat ini Bill Gates bertengger di posisi satu sebagai orang terkaya di dunia. Kekayaan Bill Gates sebagai pendiri microsoft adalah sebesar 85,6 miliar dollar atau mampu menghasilkan uang sebesar US$25O setiap detiknya. Bill Gates adalah orang pertama yang meraih kesuksesan dalam industri komputernya.

Kekayaan yang diraih Bill Gates

  • Bill Gates menghasilkan US$25O setiap detiknya, itu sekitar US$20 juta perhari dan US$7,8 milyar setahun.
  • Jika dia menjatuhkan US$1.000, dia bahkan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengambilnya kembali karena sama dengan waktu 4 detik untuk mengambil, dia sudah memperoleh penghasilan dalam jumlah yang sama.
  • Utang nasional Amerika sekitar US$5,62 triliyun, jika Bill Gates akan membayar sendiri utang itu, dia akan melunasinya dalam waktu kurang dari 10 tahun.
  • Dia dapat menyumbangkan US$15 kepada semua orang di dunia tapi tetap dapat menyisakan US$5 juta sebagai uang sakunya.
  • Michael Jordan adalah atlit yang dibayar paling mahal di Amerika. Jika dia tidak makan dan minum dan tetap membiarkan penghasilannya utuh dalam setahun sejumlah US$30 juta, dia tetap harus menunggu sampai 277 tahun agar bisa sekata Bill Gates sekarang.
Biografi Bill Gates, Profil Pendiri Microsoft Terkaya di Dunia
Sending
User Rating 5 (1 vote)
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close