Biografi TokohIlmuan

Biografi Albert Enstein, Profil, dan Kisah Hidup Ilmwuan Fisika

Profil Albert Enstein

Biografi Albert Enstein. Sosok Albert Enstein adalah fisikawan teoretis kelahiran jerman 14 maret 1879. Ia lahir dari pasangan Herman Enstein dan Pauline. Ia merupakan seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang sebagai ilmuwan terbesar pada abad 20. Ia mengemukakan teori relativitas. Karya-karyanya yang terkenal karena berpengaruh terhadap filsafat ilmu persamaan Enstein yang paling terkenal rumus kesetaraan masa-energi yang dijuluki persamaan paling terkenal di dunia.

Biografi Albert Enstein

Enstein menerima nobel fisika pada tahun 1921 atas jasanya khususnya atas penemuannya tentang hukum efek foto listrik. Enstein yang pernah tinggal di swiss antara 1895 dan 1914 melepas kewarganegaraan jermannya dan lulus sarjana dari sekolah politeknik federal swiss. Keluarga Enstein adalah penganut yahudi ashkenazi yang tidak taat. Einstein menikah dengan marine pada tahun 1903 ia memiliki dua orang putra dan satu putri sebelum bercerai dan menikah lagi dengan elsa lowenthal pada tahun 1919.

Masa kecil Albert Enstein

Enstein yang terlahir dari seorang penjual ranjang bulu yang kemudian menjalani pekerjaan elektrokimia, pada umur lima tahun ayahnya menunjukkan kompas kantung dan einstein menyadari bahwa sesuatu di ruang yang “kosong” ini beraksi terhadap jarum di kompas tersebut, ia menjelaskan pengalaman ini menjadi salah satu hal yang paling mengunggah dalam hidupnya.

Di masa kecilya Albert einstein dikenal sebagai bocah autisme yang sangat nampak terbelakang karna kemampuan bicara yang sangat terlambat ia seorang yang pendiam dan suka bermain seorang diri, november 1981 lahir sang adik perempuan yang di beri nama maja, saat usia tujuh tahun  ia suka marah dan melempar-lempar barang termasuk kepada sang adik. Minat nya pada ilmu fisika telah muncul saat ia berusia lima tahun, Albert kecil yang terpesona akan keajaiban kompas ia pun membulatkan tekat untuk membuka misteri atas kebesaran alam walaupun ia adalah sosok orang yang pendiam tetapi Albert seorang murid yang berprestasi di sekolahnya dan ia pun selalu menjadi juara kelas.

Baca Juga: Biografi Imam Bonjol, Profil, dan Perjuangan Pemimpin Perang

Karir  dan Karya Albert Einstein

Einstein yang menghabiskan masa kuliyahnya di ETH (eidenoessiche technische hochscule) pada usia 21 tahun Albert di nyatakan lulus, setelah lulus ia melamar pekerjaan sebagai asisiten dosen tetapi di tolak pada ahinya Albert bekerja sementara menjadi guru SMA sebelum bekerja di kantor paten di kota Bern di masa nilah ia mengembangkan ilmunya. tahun 1905 menjadi tahun penuh prestasi bagi Albert karena di tahun ini Albert banyak menghasilkan karya-karya yang cemerlang.

Karir  dan Karya Albert Einstein

Adapun karya-karya penemuan Albert Enstein adalah sebagai berikut:

  • Maret 1905 paper tentang aplikasi ekipartisi pada peristiwa radiasi, tulisan ini merupakan pengantar hipotesa quantum cahaya dengan berdasarkan pada statistik boltzman.
  • April 1905 desertasi doctoralnya tentang penentuan baru ukuran-ukuran molekul.
  • Mei 1905 papernya tentang gerak brown.
  • Juni 1905 tentang teori relativitas khusus, dimuat analin der vhysika dengan judul zul elektrodinamik bewekter kerper (benda bergerak.
  • September 1905 kelanjutan papernya bulan juni yang sampai pada kesimpulan rumus termashurnya yaitu bahwa massa sebuah benda (m) ukuran kandungan energinya (e) c adalah laju cahaya diruang hampa.

Penghargaan Albert Enstein

  • Tahun 1909 Enstein diangkat sebagai profesor di universitas zuric, penghargaan tertinggi juga didapatkan dengan meraih hadiah nobel pada tahun 1921 dibidang ilmu fisika.
  • Untuk menghargai sebuah satuan dalam foto kimia diberi nama Enstein dan sebuah astroid dinamai 2001 Enstein

Wafatnya Albert Enstein

Albert Enstein meninggal dunia dengan meninggalkan beberapa karya besar yang mengubah sejarah dunia. Tanggal 18 april 1955 menjadi akhir dari perjalanan hidup Albert. Albert meninggal dengan riwayat pembengkakan pembuluh aorta perut princeton medical center, new jarsey, america.

Biografi Albert Enstein, Profil, dan Kisah Hidup Ilmuwan Fisika
Sending
User Rating 5 (1 vote)
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close